Sabtu, 12 April 2008

LATIHAN CARA KETIGA

LATIHAN CARA KETIGA

Cara yang ketiga ini juga banyak dpakai di dalam pembentukan tenaga cadangan. Seperti cara yang sudah-sudahmaka latiha dengan memperguanakan cara yang ketiga ini pun cara pengambilan napasnya melalui hidung serta dikeluarkan melalui hidung. Dengan mempelajari cara latihan yang ketiga ini akan membuat badan anda menjadi selalu berseri, badan terasa ringan serta mempunyai semangat yang tinggi. Tetapi diperlukan juga ketekunan dan kesabaran untuk dapat membangkitkan tenaga dalam. Sekarang marilah kita pelajari cari cara yang ke tiga ini:
Berdirilah anda dengan kokoh, kedua belah kaki renggang melakukan kuda-kuda sejajar, badan tegak tetapi tidak kaku, sebab badan yang kaku akan mengganggu setiap gerak anda sehingga gerakan-gerakan anda tidak wajar, lucu serta aneh. Angkat kedua belah tangan ke atas pinggang di bawah ketiak dengan jari-jari tangan terbuka serta telapak tangan menghadap ke atas. Sekarang tarik napas panjang, tahan sebentar, hembuskan pelan-pelan sambil kedua belah tangan melakukan gerakan menekan ke bawah, jadi anda seakan-akan menekan sesuatu yang berat ke bawah, sedang telapak tangan menghadap ke bawah. Waktu menekan ke bawah posisi, tangan harus miring dengan telapak tangan saling berhadapan. Gerakan tangan harus seirama dengan hembusan nafas. Hembusan nafas maupun tarikan nafas harus melalui hidung. Ulangi hal ini sampai tiga kali, setelah itu lakukanlah dorongan ke depan dengan telapak tangan terbuka setengah mencengkeram sesuatu yang keras jadi harus bertenaga dan kuat.
Gerakan ini pun harus disertai dengan pernafasan. Tahan selama lima detik, tarik lagi disertai dengan tarikan nafas, kedua telapak tangan terletak di samping kedua telinga anda di atas pundak anda. Telapak tangan sekarang berganti posisi dengan jari tengah sampai kelingking saling menutup, sedang jari telunjuk diacungkan ke atas. Kerahkan semua tenaga pada kedua belah lengan anda, serta lakukan dorongan ke samping kanan dan kiri sambil menghembuskan nafas. Pertama-tama anda melakukan hal ini akan terasa sakit pada kedua lengan anda terutama urat-urat pada telapak tangan dan urat siku serta urat di bawah ketiak anda. Hal ini disebabkan urat-urat tersebut tertarik kencang karena gerakan anda tersebut. Setelah berlatih lama urat-urat itu akan lemas dengan sendirinya serta perasaan sakit itu akan tidak anda rasakan lagi sewaktu anda melakukan latihan ini. Sekarang tahan sebentar, tarik nafas panjang disertai tarikan kedua belah tangan kembali pada posisi semula.
Lakukanlah hal ini sampai tiga kali dan sekarang lakukan dorongan ke depan dengan kedua belah tangan terbuka setengah mencengkeram sampai kedua belah tangan lurus ke depan. Tahan sebentar, sekarang robahlah posisi tangan anda dari sikap mencengkeram menjadi saling menutup pada kelima jari-jari sehingga merupakan paruh burung kuntul. Ujung jari tangan kanan dan ujung jari tangan kiri saling berhadapan. Di waktu merubah posisi jari-jari tangan ini tarik napas panjang melalui hidung, tahan sebentar, sekarang geser kedua belah tangan ke samping kanan kiri, jari-jari tangan tidak berubah-ubah gerakan ini disertai hembusan napas dari hidung. Geseran tangan ini tak perlu terlalu lebar, cukup asal urat-urat merasakan sakit dan sikap kedua belah tangan membentuk segitiga.
Tahan, serta rubah posisi jari-jari tangan menjadi sikap mencengkeram sesudahnya tarik napas panjang, disertai tarikan kedua belah tangan ke belakang kembali ke posisi semula di bawah ketiak. Dari tempat yang semula, tahan sebentar, hembuskan napas dengan disertai gerakan kedua belah tangan melakukan dorongan ke bawah sampai kedua belah tangan lurus. Lakukanlah hal ini berkali-kali jadi urutan-urutannya dari yang pertama sampai pada urutan yang terakhir. Dengan latihan ini lengan anda akan cepat berkembang serta kokoh.
Selesai dengan latihan ini berdirilah anda dengan kokoh menghadaplah ke arah barat. Tarik napas panjang dan langkahkan kaki kanan anda maju ke depan, putar badan anda menghadap ke utara tangan anda ke depan. Tangan kanan berada di bawah tangan kiri. Waktu melakukan gerakan ini hembuskan napas anda melalui hidung. Jadi dengan demikian maka badan anda menjadi melengkung ke depan. Gerakan ini sangat mudah dilakukan tapi sangat besar daya gunanya. Sekarang tarik napas panjang serta langkahkan kaki kanan serta kedua belah tangan ditarik kembali pada posisi yang semula. Dari posisi semula sekarang lakukanlah gerakan ini dengan tangan kanan serta kaki yang kanan. Jadi sekarang kita lakikan gerakan ini ganti yang kiri. Latihlah ini berganti-ganti kanan kiri dst. Sekarang kita menginjak latihan yang ketiga dari cara yang ke tiga ini.
Sekarang berdirilah anda dengan kedua belah kaki rapat satu dengan yang lainnya. Kedua belah kaki rapat satu sama lain. Kedua belah tangan berada menempel di dada anda. Sekarang tarik napas serentak dengan itu lakukanlah lompatan ke udara. Waktu anda jatuh atau kaki anda menyentuh lantai, hembuskanlah napas anda. Ulangi sampai berkali-kali lompatan-lompatan ini. Latihan ini sangat baik bagi pernapasan anda. Hanya kalau anda mempunyai sakit jantung jangan lakukan hal ini dengan keras cukup pelan tetapi mantap. Akhir kata kami mengucapkan selamat berlatih semoga anda sukses di dalam hati ini.